Matindas Serahkan Bantuan Senilai Rp745 Juta untuk KSB dan Lumbung Sosial di Desa Bolapapu

Anggota DPR RI Matindas J. Rumambi saat menyerahkan bantuan di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Foto: Ist/nr

Kanalkata.com, Sigi – Anggota DPR RI Matindas J. Rumambi mengunjungi Desa Bolapapu dan Tangkulowi di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam kunjungannya, Matindas menyerahkan bantuan untuk Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Lumbung Sosial senilai Rp745 juta.

Bantuan tersebut diserahkan dalam apel besar Tim Tagana yang ada di Kulawi. Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini mengatakan dipilihnya Desa Bolapapu menjadi Kampung Siaga Bencana adalah tidak lepas dari bencana alam yang beberapa kali melanda desa tersebut. Oleh sebab itu, Program KSB dan Lumbung Sosial ini diharapkan dapat menjadi penopang utama dalam menanggulangi bencana yang terjadi.

“Untuk itu, program KSB memberikan pembekalan kesiapan bagi masyarakat tentang kesiapan logistik, tim penyelamat, penanganan pasca bencana dapur umum, serta seperti apa penanganan dan pemulihan dan pertolongan berbasis kearifan masyarakat yang dilakukan sembari menunggu proses evakuasi pada saat terjadi bencana,” ujar Matindas dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Lebih lanjut, Anggota Komisi VIII ini berharap Kampung Siaga Bencana yang telah terbentuk, menjadi perpanjangan tangan informasi bagi masyarakat dan menjadi pelopor dalam mengampanyekan mitigasi bencana kepada masyarakat luas. “Serta dapat memperkuat solidaritas bersama di tengah masyarakat baik dalam kesiapsiagaan dan kesiapan logistik,” lanjutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Bupati Sigi yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial, Camat Kulawi, Kepala Desa Bolapapu dan Kepala Desa Tangkulowi, Tokoh Adat dan 100 Tim Tagana KSB Desa Bolapapu. (bia/rdn)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *